[mBolang] #14 baluran ijen

[Draft tulisan ini minta segera dirampungkan. Mending cepat2 saya selesaikan, mumpung ingatan belum begitu memudar][dan ternyata sudah satu tahun yang lalu 😭] 

Lama rasanya tidak berinteraksi secara intim dengan alam, alhamdulillah kemarin ada kesempatan libur 3 hari yang akan sangat sayang bila disia-siakan begitu saja. Melupakan sejenak rutinitas pekerjaan untuk bercengkerama dengan alam. Still at Indonesia, saya pun memutuskan untuk pergi mbolang ke Taman Nasional Baluran yang berada di Situbondo, lalu dilanjutkan tracking Gunung Ijen di Banyuwangi. Lokasi keduanya relatif berdekatan, masih dalam satu provinsi dan bisa ditempuh selama kurang dari 1,5 jam.

***

Planing sudah disusun 2 minggu sebelum keberangkatan, Grup Whatsapp menjadi fasilitator penghubung antara saya dengan teman2 kuliah yang memang sudah “menyebar” di berbagai daerah. Fix kami memutuskan untuk pergi ke Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen. Skenario perjalanan disusun berdasar studi blog *tsaah :LOL: *, info dari Hipo, sohib yang telah duluan melakukan backpacking ke dua lokasi tersebut pun menjadi referensi kuat itinerary yang kami buat.

Ini adalah Itinerary awal Taman Nasional yang fix H-1 sebelum keberangkatan,

No Hari, tanggal Jam Planning Estimasi
1 Jum’at, 14 Agustus 2015 10 pm Meeting point di Terminal Bungurasih Meet up maks jam 11 pm, lanjut cari bis
11 pm-1.30 am Naik bus jurusan Surabaya-Probolinggo, turun Terminal Probolinggo Rp 30.000,00 perjalanan 2 jam
2 Sabtu, 15 Agust 2015 1.35 – 6.30 am Terminal Probolinggo,
pindah bus jurusan Probolinggo-Ketapang,
minta turun di Taman Nasional Baluran
Rp 30.000,00 perjalanan 4-5 jam

 

6.30 – 8 am Cari info homestay “Forest Ranger:
Cari info Jeep ke Kawah Ijen
ISHOMA
Registrasi masuk Baluran
Homestay Rp 75.000,00/malam/kamar. Sewa 2 Kamar
Sarapan Rp 10.000,00
8 am – 5 pm Explore Baluran (Savana Bekol, Gua Jepang, Pantai Bama, Mangrove, Menara Pandang) Sewa mobil pick up Rp 150.000,00-Rp 200.000,00 sekali jalan (PP up to Rp 400000,00)
Tiket masuk baluran Rp 15000,00/orang
5 pm – 10 pm ISHOMA di homestay Makan x2 Rp 10000,00
10 pm – 1 am Go to Ijen Tiket masuk Rp 10.000,00 / orang
Parker mobil Rp 10.000,00
Sewa mobil Rp 800.000,00
3 Minggu, 16 Agust 2015 1 am – 6 am Tracking Ijen
6 am Turun pulang menuju Terminal Ketapang Makan Rp 10000,00
Tiket pulang Rp 90.000,00

Tapi yang namanya estimasi, bisa saja tidak sesuai dengan realitanya.:mrgreen: Yang semula direncanakan berangkat midnight demi mengeksplore total Baluran, kami baru bisa berangkat usai sholat shubuh Sabtu pagi hari setelah rombongan dari Jogja tiba, alhamdulillahnya ada kesempatan untuk sholat shubuh dahulu, tapi ya itu tadi, eksplore balurannya jadi terbatas dan saya bersama 6 orang teman lain terpaksa bermalam di Terminal Bungurasih.

Usai sholat shubuh kami langsung berangkat naik bus Tjipto rekomendasi Bapak “Calo” di Terminal Bungurasih. Si Bapak yang semula bilang bis nya ini akan langsung menuju Ketapang dengan harga murah yakni Rp 55.000,00 nyatanya saat kami sudah di atas bus, oleh kondektur Bus TJIPTO (please noted it Guys!) diminta Rp 70.000,00. Oh meeen… ini si Bapak bener2 malak kita2 yang memang kelihatan seperti rombongan orang linglung. Sempat sedikit berdebat dengan Pak kondektur, akhirnya dengan berat hati kami menggelontorkan uang tambahan daripada diturunkan tidak hormat di jalan dan harus cari bus lain, mengingat posisi kami waktu itu sudah di luar terminal dan tengah berada di Jalan Tol.

Belum berhenti disitu rasa was-was kami, saat saya bertanya kepada penumpang lain mengenai ongkos standar bus malah terkuaklah bahwa bis yang kami naiki ini bukan jurusan Banyuwangi seperti yang tertulis di kaca depan bus (di kaca nya tertulis, Surabaya langsung Banyuwangi), namun malah menuju Jember. Saya lemes, speechless dan sepanjang perjalanan terus berdoa semoga si Bapak Kondektur masih ada rasa welas asih.

“Udah Nung, tidur dulu aja. Perjalanan masih jauh.” ucap Mbak Def yang duduk di samping saya.

Tapi bagaimana mau tidur, rasa khawatir masih menggelayut bebas di pikiran mengalahkan rasa kantuk yang melanda.😦

***

Sebelum pukul 9 pagi, kami sudah sampai di Terminal Probolinggo (saya lupa nama terminalnya), kondektur bus dengan tidak sopan berteriak mengejutkan kami secara tiba-tiba, meminta kami turun bus untuk pindah bus menuju Baluran. Saya yang baru terlelap sontak kaget dalam kondisi bingung menuju bus yang dimaksud sang kondektur, hampir saja satu plastik logistik tertinggal dalam bus. Thanks to Mbak Def for saving it😀

Kami oper bus Indonesia Abadi. meskipun bus ekonomi, namun ukuran bus jauh lebih besar dan longgar dari bus Tjipto yang kami tumpangi sebelumnya, sehingga ada sedikit space untuk meregangkan badan. Perjalanan dilanjutkan, ada sedikit rasa tenang setelah dipastikan bahwa kami tidak perlu membayar kembali ongkos bus menuju Situbondo karena telah dibayarkan oleh kondektur bus sebelumnya. Alhamdulillah.

Probolinggo menuju Situbondo adalah perjalanan yang menyenangkan karena kami senantiasa berada di sisi utara Pulau Jawa dimana bibir pantai menjadi pemandangan yang mengiringi perjalanan kami. That was something new for us. Beberapa ada yang terlelap karena menahan rasa kantuk yang luar biasa. Sesekali saya pun tertidur, namun segera terbangun karena sayang jika tidak menikmati perjalanan tersebut dengan melihat kanan kiri. Bus yang memang tidak ramai itu mengizinkan kami untuk berpindah-pindah posisi duduk, semakin membuat kami leluasa menikmati pemandangan. 

Sebelum dhuhur, kami sudah tiba di Situbondo perbatasan Banyuwangi, di kawasan Baluran. Alhamdulillah di sana kami berkenalan dengan Mas Dani, penduduk lokal yang bersedia mengantar kami mencari penginapan. Oleh Hipo, saya diberi info utk menginap di Forest Ranger, jadilah saya dan teman2 di antar Mas Dani ke Forest Ranger, namun sayangnya semua kamar sudah full booked. Well yeah, ya sudah. Mas Dani pun mencarikan info penginapan lainnya sambil kami istirahat makan siang dan sholat dhuhur. 
[to be continued] 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s