[Random Thought] #16 Intervention Thing

Are we only married our couple? Or are we also married his/her family?

***

Isu yang hangat diperbincangkan beberapa bulan belakangan. Bukan saya, tapi oleh teman2 saya, yang artinya saya juga ikut mengikuti isu ini.  😁

Well yeah, saya belum bisa bijak untuk menyikapi hal ini. Saya juga tak pandai berteori atau secara lantang mengungkapkan pendapat, but based on cerita teman2 saya, nyatanya intervensi keluarga akan ada (hampir dalam banyak kasus) sebelum atau bahkan sesudah menikah.

Yang akan menikah, intervensi (sorry for using this kind of word) dapar berupa setuju atau tidak setujua nya pihak keluarga dengan kita atau calon pasangan. Ini macam2 kasusnya, mulai dari morfologi hingga fisiologi. Dari hal prinsipil sampai hal yang terkesan di-ada-ada-kan. Ada keluarga yang nggak ditanya pendapatnya, ikut nyumbang pendapat juga ada, yang awalnya hangat malah jadi topik memanas juga ada. Macem-macem lah.

Yang sudah menikah, intervensi juga masih ada. Mulai dari masalah ngasuh anak, mertua, rumah, atau masalah intern inti pasangan (yang biasanya sih *katanya* bermula dari masalah sepele).

Intervensi atau bahasa sederhananya keikutsertaan pihak luar dalam memberi ide/pendapat/usul/saran kepada pihak dalam. Bahasa kasarnya, ikut campur urusan orang. 😈

Based on my friends experienced, this kind of intervention will menguras tenaga (hahaha… Sorry bahasanya campur2. Lagi belajar bahasa inggris, harap maklum 😁). Mungkin bermula dari musyawarah, atau yang awalnya diniatkan untuk musyawarah, eh malah menjadikan bibit2 intervensi. Bukan musyawarah mufakat yang didapat.

Oleh teman, solusi yang diberikannya bilamana berhadapan dengan hal ini, be like oil and water. Berdampingan namun tidak menyatu. Entah lah, apakah hal ini bijak atau tidak, tapi dianggap menjadi solusi di mana hal urgent intervensi itu melanda. Daripada jadi drama queen menghadapi intervensi, mending realistis aja.

Cuma mau ng-share itu ajah. Very welcome with any suggestions and comments 😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s