mBolang #5 : Ekspedisi Mlipir Maos

Photobucket

Book Shelf @ Ganesa Ruang remaja/dewasa

A Little too late, kemarin hari Rabu (22/02/2012) saya dan tiga teman melakukan ekpedisi menuju wilayah barat Purwosari, Surakarta dan Ini adalah yang pertama kali bagi saya untuk menelusuri daerah Makam Haji. Percaya lah bahwa ekspedisi ini memberi manfaat, emm, sebut saja ini ekpedisi Mlipir Maos (note Bahasa jawa arti : Menepi Membaca).

Saya, Ophi, Maje, dan Thiara hanya dengan berbekal selembar kertas daur uang dari ujian semester kemarin yang memuat catatan arah menuju perpustakaan Umum di daerah Tugu Lilin tepatnya jalan Songgolangit no. 30. Perpustakaan umum ini ialah GANESA. Saya mengetahui informasi Ganesa dari forum diskusi di goodreads.com. Karena penasaran akhirnya saya memberi tahu beberapa teman yang memiliki minat yang sama untuk pergi melihat perpustakaan yang disebut2 di forum tempatnya sangat nyaman. Dan lagi karena selain Gramedia dan Togamas saya belum menjumpai lokasi baca yang nyaman di Kota Solo.

Photobucket

Taken from corner

Benar saja, ketika sampai di Ganesa lokasinya super duper ekstra nyamaaaaaan . Ber-AC, tenang dan sangat kondusif untuk membaca. Ganesa sendiri berada di Lantai 2, sedangkan lantai 1 merupakan tempat pencucian mobil Gebyuri. Ketika teman2 berkunjung ke Ganesa, pada saat akan naik ke Lantai 2 akan menjumpai berbagai pengumuman dan aturan yang ditempel rapi dan langsung bisa terlihat oleh  mata. Ah iya sebelum naik ke Lantai 2, diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu mungkin untuk memastikan tangan pengunjung bersih sehingga tidak mengotori buku. Lalu teman2 akan menjumpai rak sepatu-sandal untuk meletakkan sandal-sepatu karena ketika berada di TKP baca, sudah digelar karpet dan sterofoam puzzle ekstra besar yang bisa dijadikan tempat leyeh2 sambil membaca buku favorit.

Dan saat yang mendebarkan adalah ketika membuka pintu utama perpustakaan Ganesa *backsound : suara drum*

WOOOOOWW… aura kenyamanan langsung terpancar. Tengok kanan-kiri, dan fasilitasnya superb dan unik. Ada rak untuk tas, kursi-kursi untuk “mengantri”, dan mbak2 yang dengan ramahnya membantu pengunjung. Ruangannya memang tidak terlalu besar, tapi saya jamin sangat nyaman, rapi dan bersih. Ruangan tengah ini mungkin berfungsi sebagai loby yang memisahkan dua ruangan di kanan-kirinya. Sebelah kanan adalah ruangan untuk anak-anak, dan sebelah kiri adalah ruangan untuk anak-anak mulai SMP hingga dewasa. Desain ruangannya pun berbeda, demikian juga dengan koleksi buku-bukunya. Ruangan untuk anak2 lebih terbuka dengan LCD, beberapa alat peraga dan poster2 yang disesuaikan dengan umur anak-anak *sayangnya saya lupa mengambil gambar ruangan anak2 ini. My bad *. Ruangan untuk usia SMP hingga Dewasa tertutup oleh pintu kaca yang kondisi di dalamnya amatlah nyaman untuk ukuran sebuah perpustakaan umum, malah ketika pertama melihat imaji saya melayang ke Istana kerajaan timur tengah dengan permadani dan bantal-bantal di lantainya untuk menjamu tamu *lol*. Tapi mengenai bantal ini memang benar, jadi di ruang baca untuk usia dewasa/remaja ada banyaaaaak sekali bantal2 yang memang dapat digunakan sebagai fasilitas *bersandar, duduk, guling, tidur* pembaca ketika membaca buku karena memang membaca bukunya boleh dengan segala posisi, klesotan, tengkurap, rebahan, kayang, guling2 *asal nggak malu aja*. Ruangan ini juga ber AC, dan yang terpenting aromanya wangi dan segar. Tidak bau apek, dan horor seperti perpustakaan kampus.

Itu soal kondisi ruangannya, bagaimana dengan koleksi buku ?? Saat kami berkunjung,  jumlah koleksi bukunya relatif sedikit jika dibandingkan gramedia/togamas *yaiyalah… itu kan toko buku —_____—*, tapi melihat dari besarnya rak buku yang ada, dan list buku2 populer berdasarkan jumlah peminjamnya, tampaknya banyak koleksi buku yang sedang keluar (dipinjam). Koleksinya tak hanya novel2 populer, juga ada berbagai genre dari filsafat, kesehatan, akuntansi, psikologi hingga agama. Ada juga buku-buku impor *yup, artinya berbahasa inggris*, dan buku impor ini ada beberapa genre dari nonfiksi hingga fiksi populer.

Ketika kami ke sana, pengunjung untuk ruangan usia remaja/dewasa relatif sedikit dibanding ruangan usia anak-anak yang datang silih-berganti. Mungkin karena bukan weekend dan masih waktu kerja/sekolah.

Ah iya, saya sempet tanya2 dengan mbak yang ada di sana, sambil nunggu teman saya yang natri untuk jadi member sekaligus meminjam buku,

Saya (S) : Ini perpustakaan milik pribadi ya mbak ?

Mbak di Ganesa (MG) : Ini perpustakaan umum,

S : Trus sudah sejak kapan ada perpustakaan ini ?

MG : Mulai umum dari 2010, 2009 masih disewa oleh suatu komunitas *utk statement trakhir saya kurang jelas pas mbaknya bicara*

S : ini buku2nya dari mana mbak ? trus itu ada buku-buku impornya lumayan banyak

MG : ada donatur, dan bapak-ibu *menunjuk foto yang ada di spanduk* dari Amerika tersebut tiap bulan donasi dan uangnya kami belanjakan untuk buku-buku yang di sini. Dan kadang juga dapet kiriman dari luar negeri juga.

Karena waktu yang mepet dan keburu masuk kuliah apalagi lokasinya yang lumayan jauh dari kampus akhirnya kami hanya menghabiskan waktu kurang dari 1 jam di Perpustakaan Ganesa yang sebenarnya ber-jam-jam di sana pun kami betah karena suasananya bener2 cozy.

Perpustakaan Ganesa,

Jl. Raya Songgoloangit no.30, Gentan

Rute : Bunderan Stasiun Purwosari ke Selatan > Lampu merah pertama belok kanan > Tugu Lilin Panjang belok kiri > lurus terus ikuti jalan (lumayan jauh) sampai Gudang Sampoerna atau perempatan RCTI lihat kiri jalan, ada cuci mobil Gebyuri… nah lantai 2 adalah Perpustakaan Ganesa

Photobucket

salah satu sudut peraturan @ Ganesa

PhotobucketPhotobucket

Photobucket

Photobucket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s