Kamuflase Mahasiswa Biologi : Mikroorganisme Tanah dan Poster

End of 5th Semesters. Lega dan sedikit waswas dengan nilai akhir. Yaah… Semoga sesuai harapan, amiin.

Poster about Rhizobium activity as Soil Microorganism

Semester 5 kemarin didominasi dengan kuliah bakteri dan mikroorganisme, itu juga karena saya ambil konsentrasi Mikrobiologi. Karena itu pula dosen yang saya temui juga itu2 saja (Bu Ratna, Bu Artini dan Pak TJ). Ditanya bosan ? Nope, tidak bosan sama sekali bahkan seru sekali.

Patogenesis Bakteri yang mempelajari berbagai macam bakteri jahat dan bakteri baik dalam kegiatannya menginvasi tubuh manusia maupun hewan dan tumbuhan, Mikrobiologi Lingkungan untuk mengetahui lokasi hidup berbagai mikoorganisme di lingkungan ekstrim-dan non-ekstrim serta bagaimana si bakteri atau mikroba ini beradaptasi dan Biologi Tanah yang menjelaskan mengenai struktur, kontur, dan jenis tanah serta mikroorganisme yang berperan dalam tanah. Ketiganya tentu saja memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan masing2.

Nah dalam mata kuliah Biologi Tanah dengan dosen pengampu Prof. Gi dan Bu Ratna, sebagai pelengkap tugas akhir dibentuklah kelompok untuk membuat poster mengenai mikroorganisme tanah. Nah lhoh, kam mahasiswa eksak disuruh buat/desain/gambar sebuah poster. Saya sendiri terakhir gambar poster ukuran gedhe itu SMA kelas 3 gara2 disuruh tetangga dan jangan tanya hasilnya😆

About The Task

Tugas diberikan akhir November, dan deadline akhir Desember. Nama nya juga mahasiswa, yang namanya tugas 1 bulan, dikerjakan 3 hari mendekati hari-H pun bisa selesai. Ini juga karena tak adanya nilai bonus/tambahan bila dikumpulkan lebih awal, makanya motivasi untuk segera mengerjakan pun minim.

Dosen tidak memberi ketentuan dalam pembuatan poster, clue-nya pun hanya sekedar dibuat di kertas ukuran A4 dengan contoh seperti publikasi skripsi kakak tingkat. Haidehhh…. jadi clueless kalo gitu

Singkat cerita, kami pun berkamuflase menjadi mahasiswa seni dadakan. Satu minggu sebelum hari terakhir perkuliahan pada bulan Desember, saya dan teman2 1 kelompok mengerjakan poster tersebut. Pokoknya hari itu harus udah bikin sketsa di kertas. Dengan tema umum Mikroorganisme tanah sketsa dasar pun dirancang dan Kaca Pembesar, Mikroba Tanah serta akar pohon menjadi gambar dasar kami. Alhamdulillah hari-1 pun sketsa jadi.

Berselang hari, sketsa pun berpindah tangan. Tugas saya adalah finishing, membuat tulisan dan menambahkan bintil akar. Bingung mau nulis apa, karena memang belum kami rembug satu kelompok. Modal bismillah dan kepercayaan temen2 akhirnya saya tulis juga berdasar jurnal yang ada. Alhamdulillah, jadi.

Judul poster kami, AKTIVITAS AGEN HAYATI BAKTERI RHIZOBIUM PADA TANAH LAHAM MASAM. Poster kami menceritakan aktivitas mikroba tanah (Rhizobium) pada akar tanaman. Bintil akar dan mikroba tersebut menunjukkan adanya aktivitas penambatan Nitrogen dan warna tanah yang keabu-abuan menunjukkan kondisi tanah yang masam. Yah walaupun tidak terlalu sesuai, anggap saja sesuai:mrgreen:

Tulisan yang berada di pohon tersebut adalah,

Pemberian agen hayati pada Rhizobium pada akar tanaman kedelai di lahan kering masang tidak meningkatkan jumlah hasil biji, namun pertumbuhan vegetatif tinggi (2)

KENDALA, pH tanah rendah sehingga tidak memenuhi standar keefektifan (<50 bintil akar/tanaman). Juga kandungan unsur kimia tanah dan populasi mikroba alami pada tanah (1)

FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN,

  1. Kemampuan mikroba tumbuh dan berkembang
  2. Mikroba alami lebih memberi harapan positif akibat sifatnya yang adaptif dan toleran terhadap lingkungan tumbuh (1)

Memang tidak semuanya turut menggambar, tapi semuanya memiliki andil masing2 dalam selesainya poster tersebut. Terimakasih Teman2.

*header blog ini juga dari poster yang kami buat ^^

Referensi Poster :

(1)    Suharjo, U.K. 2001. Efektivitas Nodulasi Rhizobium japonicum Pada Kedelai Yang Tumbuh Di Tanah Tanpa Inokulasi Dan Tanah Dengan Inokulasi Tambahan. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Indonesia 3(1) : 31-35

(2)    Prihastuti dan Sudaryono. 2008. Evaluasi Input Agen Hayati pada Uji Paket Teknologi Budidaya Kedelai di Lahan Kering Masam. Agrin 13 (1) : 56-66

Credit Picture : Nug_Nung_Ptra_Pu2t_Na2_Re2_Revo

4 thoughts on “Kamuflase Mahasiswa Biologi : Mikroorganisme Tanah dan Poster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s