Catatan Ramadhan #1 : Before Ramadhan

[posting nya telat 7 hari karena banyak faktor penghalang *ngeles*. nggak papa lah yang penting masih Bulan Ramadhan *ahihihi*. enjoy reading … ]

Yeyy… Ramadhan Tiba….

Sehari sebelum, saya dan keluarga “megengan daging sapi”, tradisi menyambut Ramadhan yang terbawa sampai sekarang. Sebenarnya kalo di Jawa, khususnya Solo kebanyakan masyarakat akan pergi “padusan” ke tempat rekreasi air, entah itu di kolam renang, water boom, air terjun, pemandian air hangat, ataupun pergi ke pantai. Tradisi ini sering dikaitkan dengan penyucian diri dan persiapan diri menghadapi ramadhan.

Di Aceh, menjelang hari Ramadhan akan banyak penjual daging sapi yang berdagang di stasiun tua yang sudah tidak dipakai di kota Bireuen. Tak hanya 4 atau 5 orang yang berdagang, bahkan sampai berjajar sejauh 70 meter, serius. Kalo di pasar tradisional di Gemolong *Sragen*, penjual daging sapi kebanyakan adalah kaum perempuan, dan daging yang jual pun tidak seberapa banyak. Kalo di Aceh, yang berdagang justru para Bapak-bapak, dan daging yang dijual pun tak terkira banyaknya. Bahkan digantung hingga beberapa gantungan daging sapi di lapak-lapaknya. Ada banyak komunitas Jawa di aceh, umumnya adalah perantau walau ada beberapa yang merupakan transmigran. Nah, kalo di komunitas perantau yang memasak itu umumnya adalah kaum bapak2, karena ibu-ibunya pergi jualan jamu keliling. Hal ini juga saya alami. Kalau pagi saya ikut Bapak belanja ke pasar, karena sekolah masuk siang *tahun 1995, SD masih jarang dan terbatasnya ruang kelas untuk menampung banyaknya murid. Kelas 1-3 masuk jam 13.30 – 17.00 WIB, kelas 4-6 masuk jam 07.00 – 13.00  WIB*

Kalo kebanyakan yang habis belanja kumpul itu kan ibu2, nah kalo ini yang kumpul malah bapak2nya. Jadi ceritanya habis belanja para Bapak2 akan kumpul di lapangan tenis sejenak, bukan untuk maen tenis tapi buat ngobrol2 bentar. Biasanya ngobrolin harga daging sapi yang tiap hari megeng melonjak tinggi, harga motor sampe curhat soal istri *lol*

Itu tadi kan pas hari Megeng. Tapi Kalo sudah bulan Romadhon, kedai kopi lah yang akan ramai di sore hari. Di isi oleh bapak2 yang menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka sementera para istri gantian memasak untuk berbuka meski yang belanja juga masih dilakukan oleh para Bapak di pagi harinya.

Nah itu kalo di Aceh, lain lagi kalo di Kerinci – Riau. Kata Ibu saya di sana tiap menjelang hari Romadhon masyarakatnya berbondong-bondong ke sungai untuk mandi Limo. Limo = rempah-rempah. Kalo sudah begini sungai2 akan menjadi lautan manusia akibat banyaknya yang mandi di sana.

Nama nya juga “Lain ladang lain belalang”, beda daerah beda tradisi. Apapun tradisinya yang jelas Ramadhan pasti ditunggu oleh seluruh muslim. Gimana nggak ditunggu, wong pahalanya saja berlipat, pintu neraka ditutup rapat2, dapet privillage nggak dapet gangguan syaiton pula.

Buktinya Rosululloh shallallahu ‘alihi wa sallam pernah bersabda,

Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu [Muttafaqun ‘alaihi]

Atau di riwayat lain,

Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah.’ Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi dalam Sunan-nya no. 682 dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya no. 1682, dihasankan Asy-Syaikh Albani rahimahullahu dalam Al-Misykat no. 1960)

Yosh. Semoga Allah senantiasa memberikan keistiqomahan kepada kita untuk melakukan amal shalih terlebih lagi di bulan Ramadhan ini..

***

credit pic : [here]

2 thoughts on “Catatan Ramadhan #1 : Before Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s