[a lil bit] memutar file rm dan rmvb

Kemarin ada sedikit masalah dengan PC saya, MPC yang kata teman2 saya seharusnya bisa digunakan untuk memutar berbagai macam jenis codec ini tahu2 nggak bisa dipakai buat ng-play file *.rmvb. sebenarnya di PC ada Realplayer (player yang memang digunakan untuk memainkan file *.rm; *.rmvb), tapi saya kurang begitu ‘click’ kalau harus muter video pakai RealPlayer.

Padahal punya teman saya MPC nya dapat digunakan untuk memutar file jenis *.rm atau *.rmvb, dan lagi MPC yang saya gunakan juga yang satu paket (K-Lite), buka single MP-Home cinema dan itu pun sudah saya update versi terbaru (7.00). Namun hasil tetap nihil. File rmvb nya masih tetep ‘cannot render’ dan ada jendela baru yang muncul yang menyebutkan bahwa DirectX June 2010 belum terinstal.Saya acuhkan saja. Males nginstal2 mulu.

Ketika saya tanya ke mbah google tak ada jawaban yang memuaskan. Akhirnya dengan setengah hati saya membuka file tersebut dengan RealPlayer. Ehh,, lha kok di tengah jalan file dijalankan ada notification yang mengharuskan saya untuk update RealPlayer tsb. *argggh*

Keesokan harinya, setelah pikiran tenang dan fresh. Saya googling mengenai DirectX June 2010. Saya download dari sini *Walau sebenarnya bisa juga di download di site resminya di sini*. Lalu saya juga memperbaharui K-Lite codec Mega versi 7.00. dan dari hasil googling, saya dianjurkan untuk mendownload windows-essential-20071007.zip *nggak tahu maksudnya ini kenapa disuruh download beginian*. Juga tak lupa download Real Alternative.

Bingung ?? kelihatan ruwet??

Berikut step by step nya,

  1. Download DirectX June 2010 di sini (size ~95 MB)
  2. Extract di folder yang kamu inginkan *kalau saya, saya extract di HardDisk*
  3. Instal file extensi *.exe (DXSETUP)
  4. NEXT-NEXT-NEXT. Selesai

Instal DirectX sudah. *Instalasi DirectX ini dilakukan kalau kamu belum punya instalasi ini. Kalu sudah punya, abaikan step di atas, lanjut dengan step yang dibawah*

Selanjutnya instal K-Lite Codec Mega

*karena sudah punya K-Lite Codec Full, makanya file bersangkutan saya uninstall dulu*

  1. Download K-Lite Codec Mega di sini
  2. Install. Perhatikan setiap stepnya, ketika kamu sampai pada jendela mengenai file extensi, jangan lupa untuk memberi tanda check list pada file *.rm dan *.rmvb
  3. Instal selesai

Next, install Real Alternatif (codec untuk menjalankan file *.rm dan *.rmvb)

  1. Download Real Alternatife di sini
  2. Install. Perhatikan setiap stepnya, jangan asal di next-next-next. Ketika kamu sampai pada jendela untuk memilih Player antara Windows Media Player dan MPC. Check list MPC.
  3. Next-Next. Install selesai.
  4. Bila codec berhasil “bersatu”, maka dalam file program kamu tidak tampak adanya software Real Alternatif. Tak perlu panik, karena itu tandanya instalasi berhasil

Tahap terakhir download windows-essential.

  1. Download windows-essential-20071007.zip (size  ~9MB)
  2. Extract beberapa file, diantaraNy: cook.dll, pncrt.dll, sipr3260.dll, drv33260.dll, drv43260.dll
  3. Paste ke dir. folder: C:\Windows

 

Walaaaaa…. file *rm dan *rmvb dapat dimainkan ala Nung_ri😆

Keberhasilan tergantung amal ibadah,

 

*credit pic [here]

*sok tahu : sebenarnya kalau DirectX sudah terinstal, dan codec real alternatif juga sudah terinstal. File *rm ataupun *rmvb dapat dimainkan dengan player GOM, jetAudio atau KMPlayer. tergantung selera suka yang mana…

*untuk teman2 yang lebih paham, mohon koreksinya

 

5 thoughts on “[a lil bit] memutar file rm dan rmvb

  1. MPC harusnya bisa lho…😐
    Itu udah yakin codec-nya MPC yang terbaru? Harusnya ter-upgrade terus. Coba telusuri di google dg kata kunci “k-lite codec pack”. Versi terbaru udah versi 7.0.0. K-lite ini udah termasuk MPC. Segera unduh, dan install di kompi.😀

Leave a Reply

