[Review Buku] Buku Fisika Paling Mudah Sedunia

Buku Fisika Paling Mudah Sedunia

Judul       : Buku Fisika Paling Mudah Sedunia

Judul Asli : The Softest Physics in The World

Penulis     : Choi Won Seok dan Lee JI Hee

Penerbit   : PT Bhuana Ilmu Populer

Halaman   :  144 halaman

Tahun Terbit : Desember 2010

Harga      : Rp 75000,00

ISBN : 9789790744875


Awal bulan Januari kemarin ketika saya main-main ke Gramedia, tampaklah buku ini di jajaran buku anak-anak. Cover nya  berwarna kuning dan bener2 mentereng, membuat semua mata tertuju padanya *halah*, namun tak langsung saya ambil buku itu untuk dibawa ke meja kasir *tak ado budget*. Nah, dalam event Kompas-Gramedia Fair kemarin, buku ini jadi inceran saya dari rumah. Setelah muter-muter-muter-dan-muter, akhirnya ketemu lah saya dengan dambaan hati. Lumayan dapet diskon 20 % dari harga sebenarnya.

Buku Fisika Paling Mudah Sedunia. Dengan adanya embel2 “Paling — Sedunia”, buku ini merupakan seri Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia. Namun di tulis oleh orang yang berbeda, Choi Won Seok yang berperan sebagai penulis dan Lee Ji Hee sebagai ilustrator nya yang juga berkewarganegaraan Korea Selatan seperti seri sebelumnya.

Seperti buku pendahulunya, buku ini juga memiliki cover yang tak kalah eksotis nya, beberapa anak lelaki yang naik Roller Coaster dengan mimik wajah yang “unik” *saya jamin kawan2 akan suka:mrgreen: *. Itu baru ‘kulitnya’, setelah kawan-kawan menyingkap rahasianya *ce’ile* buku yang mungkin tampak ‘main-main’ ini memiliki isi yang kalau orang Jawa bilang ‘Mentes’, full ilmu. Memang kontennya sedikit lebih serius *namanya juga FISIKA, boi*, tapi hal ini tidak mengurangi rasa ketertarikan saya untuk terus menyingkap halaman demi halamannya.

Bagi yang dendam dengan fisika, sangat saya anjurkan membaca buku ini. Bagi orang awam pun tak ada masalah bila ingin membaca buku ini karena akan dibuat mengerti dengan penjelasan sederhana mengenai konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Meski ada bagian yang perlu saya baca beberapa kali akibat kalimat yang sukar dipahami *oleh saya*

Isinya dibagi dalam dua bab besar, bab pertama berupa penerapan ilmu fisika yang sering kita temui dan bab kedua berupa penjelasan mudah mengenai penemuan-penemuan atau peristiwa lampau yang memiliki kaitan dengan fisika. Salah satu favorit saya adalah penjelasan mengenai kentut. 😆 karena tahukah saudara-saudara bahwa ternyata di kentut saja ada penerapan ilmu fisika yakni hukum aksi-reaksi. Bahkan bila kamu kentut di luar angkasa yang hampir tidak ada gaya gesek dan hambatan udara, ada kemungkinan bisa membuat kamu melesat seperti roket. Hihihi…

Overall, buku ini benar2 bermanfaat bagi anak-anak yang baru memulai mempelajari ilmu IPA atau Fisika *anak SMP atau SD kelas 5 – 6* karena akan memantapkan pengetahuan mereka mengenai konsep fisika sederhana yang berada di lingkungan sehari-hari sebelum mereka memperoleh ajaran fisika yang lebih rumit.

Seperti yang dikatakan kawan saya,

“Kalo ilmu dasar sudah kuat, akan lebih memudahkan kita untuk mempelajari ilmu kelanjutannya”

Meski bergenre anak-anak / educomics ak ada salahnya, orang dewasa menghabiskan waktu untuk membaca buku ini. Untuk antisipasi saja bila ditanya oleh putra-putri nya😉


Bonus gantungan pintu ruang Belajar

3 thoughts on “[Review Buku] Buku Fisika Paling Mudah Sedunia

  1. Masih ada ngga ya? Di gramedia?
    Hmmmm kalo bole tau pernah baca buku penerapan fisika dlm kehidupan sehari2 lainnya ngga? Kalo iya boleh dong bagi judulnya apa aja ..
    Interest nih!!😄

    • hi, kemarin saya lihat di gramedia solo stok kosong. coba beli onlen, mungkin masih ada
      buku fisika lain ? seri einstein told his barber juga mengenai fisika lhoo, tapi bahasanya lebih ilmiah…
      semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s