[Moving Class] #1 : Para Ilmuwan yang Terlupakan

Jadi kemana saya pekan lalu sampai2 blog ini terbengkalai tanpa ada postingan terbaru ??

Begini lho teman2. For the 1st time, pekan kemarin atau lebih tepatnya pekannya pekan kemarin saya dan kawan2 Biologi 2009 “moving class” ke Bogor. Terus pekan kemarin, kami benar2 disibukkan dengan serentetan ujian dan responsi. So, mianhe *maaf* baru bisa BW dan updet blog:mrgreen:

Ini oleh2 dari KKL atau Moving class yang kami lakukan pekan kemarin.

LIPI

Kunjungan pertama kegiatan moving class adalah LIPI. Pada tahu LIPI ga neh ?? Kebangetan banget kalo sampe ga tahu.

LIPI atau  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merupakan lembaga yang prestisius di mata kami. Lembaga yang merupakan wadah berkumpulnya ilmuwan negeri ini. Bagi kami akan sangat menyenangkan bila nantinya kami dapat bekerja, menemukan suatu hal yang baru terlebih-lebih mampu memberi sumbangan terhadap khasanah ilmu Indonesia.

Kemarin kami mengunjungi salah satu bagian LIPI, yaitu bagian research botani dan mikrobiologi. Dari depan suasana gedung yang bercat putih itu tampak hijau namun tidak benar2 hijau *iya, pohon tingginya ga ada. Cuma rumput2 aja*.

Sepi. Ini karena kunjungan di LIPI hanya akan dilayani pada hari Kamis. Hari Kamis kemarin saja kata Kak Alex yang menjadi “guide” di LIPI ada jadwal 3 kunjungan. Kata beliau kenapa kunjungan hanya diizinkan hari Kamis, karena kalau setiap hari ada kunjungan mereka tidak akan dapat bekerja. Lagipula LIPI kan bukan taman rekreasi yang bisa dikunjungi sewaktu-waktu. LIPI ini juga memiliki hubungan dengan Wageningen Universiteit *omooo… i like this* juga beberapa lembaga serupa di wilayah Asia Tenggara. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan atau kerjasama yang dilakukan silahkan cek di  web PROSEA .

Ah iya, Pegawainya masih muda2, dan tampak genius-genius. Kami diajak berkeliling, diperkenalkan tentang pekerjaan mereka. Dari yang mengkoleksi tanaman di lapangan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mengawatkan, dan mengabadikaanya dalam bentuk sketsa. Semua itu adalah tahapan yang panjang dan manfaatnya sangat besar tentu saja. Mendengarnya saja sudah membuat kami tertarik.

Selain udara Bogor yang memang sejuk dan cenderung dingin, berada di dalam LIPI juga membuat hati menjadi tenang, Karyawan di sana tampak sangat bersahabat dan ramah apalagi Pak Satpamnya,:mrgreen:

Pak Satpam yang logat sunda nya kentara ini menjadi penyelamat kami lho. Dari sudut Pos Satpam yang sempit, beliau lah yang memberi kehidupan untuk Hape2 kami yang kehilangan energinya😆

Tapi sayangnya publikasi mengenai LIPI ini tidak begitu tampak nyata, teman saya yang mahasiswa Non-Eksakta banyak yang tidak mengetahui keberadaan LIPI. Ironis memang, padahal di LIPI tidak hanya “menghandle” ilmu eksak, namun ada juga bagian ilmu non-eksak di sana.

Sayangnya penghargaan dan apresiasi masyarakat kita masih kurang. walaupun kebanyakan dari ilmuwan sudah merasa puas bila karyanya bermanfaat besar, tanpa perlu publikasi nama mereka. Tapi, Kalau di Luar negeri sana, lebih2 di Eropa. Para Ilmuwan benar2 sangat di hargai, tapi kalau di Indonesia …. *bisa anda jawab sendiri*

Wong mahasiswa ada yang ga tahu keberadaan LIPI, bagaimana dengan masyarakat kita ??

 

7 thoughts on “[Moving Class] #1 : Para Ilmuwan yang Terlupakan

  1. halo.. saya anak biologi juga loh. kampus kamu apa?

    btw, saya adalah anak biologi yang belum pernah ke LIPI :p


    __________________ horeee…
    ketemu kawan satu aliran *kkikiki*
    sy Biologi UNS.
    ayo maen ke LIPI [lagi]:mrgreen:

  2. Pingback: [Moving Class] #4 : Naik – Turun di Kebun Raya Cibodas « Areeavicenna | Ex libris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s