[Review Buku] Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia

Judul Review     : Buku Pengetahuan kok “Jorok” ?

Fakta-fakta Penting yang perlu diketahui

Judul Asli : The Dirtiest Science in the World.
Judul : Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia
Penulis : Yim Sook Young dan Kim I Rang
Penerjemah : Mintani Ayudiah
Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit : April 2009
Halaman : ix + 143 halaman
Harga : Rp 75.000,00



Hmm, mari me-review buku lagi. Kali ini adalah buku pengetahuan umum full color, berjudul Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia yang saya beli bulan April 2010 kemarin di Gramedia Surakarta.

Ini adalah buku asing yang ditulis oleh Yim Sook Young dan Kim I Rang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Mintani Ayudiah dengan judul asli The Dirtiest Science in the World.

First sight liat buku ini, saya benar2 dibuat penasaran. Dari judulnya saja sudah membuat kita untuk mengetahui lebih lanjut mengenai buku ini. Cover buku nya benar2 atractive, seekor lalat besar yang benar2 jelek, dan disampingnya seseorang yang sedang leyeh-leyeh (red.duduk santai) sambil “menjentikkan” kotoran hidungnya. *Wew… bener2 jorok ni buku*

Itu baru cover bukunya, mari kita lanjut ke bagian Kata Pengantar alias Preface nya. YACK, menceritakan mengenai bentuk kotoran sang penulis yang bulat2.

“Hari ini kotoranku berbentuk bulat seperti kotoran kelinci yang hitam… hari ini kotoranku encer seperti bubur kuning… hari ini kotoranku bulat kering kecoklatan…. Ada seorang pemuda yang setiap kali masuk toilet menggambar bentuk dan warna kotoran yang dia keluarkan di selembar kertas lalu memperlihatkannya kepada orang-orang.”

Itulah petikan awal kata pengantarnya *OK, sampai sini perut saya sudah mulai mulas*

Nah, dari situ saya benar2 dibuat semakin penasaran dengan kelanjutan cerita sang Kotoran, maka saya lanjutkan membuka halaman demi halamannya. Amazing, ilustrasi yang dibuat benar2 unik, bukan ilustrasi yang indah tapi ilustrasinya membuat kita merasa jijik. Dan setiap kali membaca dan melihat ilustrasi demi ilustrasi, semakin dibuat geregetan lah saya buat bersih2 rumah.

Di buku yang memang ditulis oleh lulusan S2 Mikroorganisme dengan ilutrator yang memang lulusan kesenian dari Korea ini dibahas berbagai macam hal yang sering kita anggap jorok dan membuat kita jijik. Seperti, bagaimana kecoa itu, kenapa kita bisa terserang diare, kenapa bisa ada bau mulut-kaki-dan keringat dan bagaimana cara mengatasinya dan juga fakta2 unik mengenai dunia yang jorok seperti Fakta bahwa Raja Prancis Louis XIV yang hanya mandi sekali seumur hidupnya. *idiihh… raja jorok:mrgreen: *

Buku yang diterbitkan BIP ini sangat cocok bagi anak2. Selain tata bahasanya yang mudah dipahami juga karena adanya ilustrasi yang pastinya akan membuat anak2 semakin tertarik terhadap buku ini.

Jadi, bagaimana ?? dengan harga Rp 75.000,00 kamu mendapat buku yang “jorok”, full color, dan full ilmu :p . Tertarik untuk menjadikan buku iini sebagai hadiah untuk keponakan, sepupu, anak, atau bahkan cucu?? High Recommended…😉

P.S

Dapet bonus gantungan kamar mandi lho,,

*gambar buku diambil dari sini, gambar bonus buku diambil dari sini

5 thoughts on “[Review Buku] Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia

  1. kok aq cari di gramedia semarang g ada y…?

    masak seh ga ada ?? Judulnya Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia lho…

  2. Pingback: “Ujian” Cacing « Areeavicenna | Ex libris

  3. Pingback: [Review Buku] Buku Fisika Paling Mudah Sedunia « Areeavicenna | Ex libris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s