Hanyut atau ….

Tentukan Arah Mu !

tentukan arah mu !

Suatu hari *macem mo dongeng saja:mrgreen: * ketika praktikum di Ruang Praktikum tentu saja, dengan suasana yg cukup gaduh. Saya memperhatikan aktivitas teman-teman. Ada yg tengah asik menggambar sambil bersungut2, ada yang jelas2 bergosip ria, ketawa-ketiwi ga jelas. Dan ada pula yang memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh sang  Asdos.

Mata saya tertuju kepada seorang teman yang tengah membantah perintah seorang Asdos,

“Lhoh Mbak, jangan dibalik dulu. Kan belum saya gambar preparatnya.”

Lalu dengan entengnya, Sang Asdos dengan entengnya,

“udah digambar mah gampang. Sekarang dibalik dulu aja.”

Dengan ekspresi tidak percaya –baca : mata melotot, mulut menganga- teman saya menatap saya, –mungkin karena dia merasa ada yang memperhatikan kali ya-. Saya sunggingkan senyum manis kepadanya, lalu dia mendekat kepada saya.

“Kok gini sih. Kalo gini bukan praktikum namanya. Masak praktikum gambarnya ngliat gambar orang lain, bukan preparatnya.”

Sambil masih bersungut-sungut, saya hanya mampu menyunggingkan senyum. Toh pada saat itu, saya juga tengah menggambar apa yang ada di papan tulis –karena diperintah oleh Mbal Asdos juga-.

Lalu saya pun tertohok dengan statement akhir teman saya,

“Proses ga baik ini.”

bagaimana dengan saya ?? kenapa awalnya saya tidak merasa seperti yang dirasakan teman saya tersebut?? ini  memang bukan tindakan yang baik. Mengutip dari buku Negeri van Oranje,

“Emang susah sih ya, kalau mau bikin perubahan. Pilihannya kadang hanya dua, bertahan ikut arus atau hanyut jadi nobody.” Hal. 224

Lantas apa yang harus kita lakukan ?

Ya itu sih terserah Anda-anda sekalian, ingin menjadi mereka yang sukses dengan cara picik dan berjamaah. Atau menggunakan cara sendiri dengan mempertahankan idealis pribadi. Atau ingin menjadi orang yang serba mau, diajak terjun ke jurang mau, diajak mati mau.

*Renungan untuk pribadi

*gambar : hasil googling

5 thoughts on “Hanyut atau ….

  1. hehehe… lihat sikon, selama selamat tuk dijalani… mo ikut kebanyakan atawa berdasarkan pribadi masing2… ^^
    terkadang ideal itu terbentur oleh realita ree… bijak2 kita aja dalam bertindak dan bersikap..

  2. Harus berani melawan arus….biarpun arusnya deras…tapi kalo nggak bisa berenang, mendingan melawan arus …..pake perahu boat sewaan…
    salam

Leave a Reply

