Kami Sebut “Satu Hari Menuju Dunia Kampus”

SMA N 5 Surakarta tampak atas

Hari ini (29/01/2010)  tadi ane usai berkunjung dari almamater ane. SMALISKA. SMA N 5 Surakarta yg terletak di jalan Letjen Sutoyo No. 18, Surakarta. Posisinya cukup strategis, mengingat di wilayah itu bisa dikatakan sbg lokasi bagi para penuntut ilmu. Bersebelahan dr SMALISKA ada SD Cengklik 1 dan 2, lalu di sebelah timur ada SMAVISKA, SMAN 6 Surakarta. Sebelah timur SMAVISKA ada SMPN 7 Surakarta, SLB, dan UTP.

Walo sekarang ane sudah kuliah, hampir tiap berangkat ngampuz ane selelu melewati SMALISKA.

Oke. Itu tadi sedikit letak geografis SMA ane. Di sini ane mau cerita soal acara kecil2 tadi Siang yang berlangsung cukup lama. *padahal rencana awal hanya ingin mengambil 2,5 jam saja. Tapi nyatanya hampir 4 jam*.

Acara tadi benar2 acara kecil2 an. Hanya ada ane dan enam teman ane yg laen.

Acara nya ane kaseh judul ”SATU HARI MENUJU DUNIA KAMPUS”. Ini acara informal, dan kami sajikan ala kadarnya. Dilatarbelakangi karena alasan pribadi ane yg dulu sama sekali blank soal dunia kampus, dan beberapa faktor yg mengharuskan kami utk berkunjung ke SMALISKA.

Adek kelas XII yg hadir hanya para Akhwat, karena kami memang ingin membagi pengalaman kepada kaum kami –wanita-.

Ah iya konsep dari acara ini adalah memperkenalkan kepada adek2 Akhwat kelas 3 yang berkeinginan utk kuliah mengenai dunia kampus, terkhususnya mengenai jurusan2 yg ada. Walau tak ada 10 orang yang datang ke forum kecil itu, tapi Subhanalloh, antusias adek2 ternyata cukup tinggi. Alhamdulillah.

Hanya ada 7 informan, ane yg dari Biologi Murni, Ukhty Aufa dari Teknologi Pendidikan, Ukhty Lin dari Pend. Matematika, Ukhty Eva dari International Nursing Program, Ukhty Ida dari Ilmu Kominikasi, Ukhty Iyut dari Pend. BK, dan Ukhty Umi dari Pend. Khusus. Satu per satu sharing mengenai mata kuliah yang ada di prodinya, mengenai aspek2 apa saja yg mesti dikuasai, dan bagaimana prospek kerjanya.

Dengan melihat rasa penasaran yang ada, rasanya Acara seperti ini layak ada di sekolah2. Karena tentu saja adek2 akan lebih memahami mengenai dunia per kuliahan, mereka akan lebih manteb utk menentukan jenjang pendidikan selanjutnya, dan hasilnya mereka dapat menetukan pilihan akan ke mana natinya tanpa paksaan orang tua. Dan bilamana ada himbauan dari orangtua, mereka mampu menjelaskan bahwa bidang yang akan digelutinya nanti memiliki prospek yang bagus.

Well, kapan neh SMALISKA akan melaksanakan acara seperti ini ??? Setidaknya lebih besar dari yg kami lakukan. Kan banyak tuwh alumni yg mlencar2 kuliahnya, di universitas dan prodi2 favorit kan ada banyak juga tuwh. Setidaknya manfaatkanlah kami ini. *lhoh*.

Dan terakhir Ane bersedia lho diundang sebagai informan, *mupeng.* hhoho…

6 thoughts on “Kami Sebut “Satu Hari Menuju Dunia Kampus”

  1. Cakep.. moga2 bisa bermanfaat. gak cuma ajang *nampang n reuni kk2 alumni, xD

    Kan sudah ada himpunan masing2 kampus, ugm juga uda kesana kayanya. kalo itt gak boleh lagi sama KASEK.

Leave a Reply

