POLTEKES : Keinginan Menjadi Fisioterapis

Ini adalah rangkaian perjuangan ku menuju bangku kuliah. Walau tidak semuanya aku lakoni, setidaknya daftar tunggu postingan ku ini adalah usaha yang dilakoni oleh beberapa teman2 dekat ku di bangku SMA dulu. *baru lulus beberapa bulan yg lalu, udah begaye aje.:mrgreen: *

Postingan sebelumnya,

  1. Aku dan USMI IPB yang lalu
  2. Ada Apa dengan UM-UGM ?

dan sekarang adalah rangkaian selanjutnya yang daku jalani sebelum SNMPTN.

—@@@—

POLTEKKES : Keinginan Menjadi Fisioterapis


Aku masih ingat betul, ketika mbak sepupu ku bercerita mengenai temannya yang berkuliah di jurusan fisioterapi. Agak asing kata2 fisioterapi itu terdengar. Lama pula ku acuhkan. Hingga pada suatu saat seorang teman ku memperlihatkan kepada ku brosur Poltekes. Ia menyampaikan keinginannya untuk menjadi fisioterapis. Kembali ku cerna kata2 itu. Akhirnya aku pun melakukan googling sebelum bertanya lebih lanjut kepada orang yang lebih ahli.

Dari hasil googling inilah tumbuh minat ku untuk menjadi seorang fisioterpis.

Berikut adalah sekilas mengenai fisioterapis dan fisioterapi,

Physical theraphy (atau dalam bahasa inggris physiotherapy dan dalam bahasa Indonesia Fisioterapis) adalah adalah suatu profesi pelayanan kesehatan yang menyediakan jasa ke indivudu atau masyarakat dalam mengembangkan, memelihara, dan memaksimalkan kembali gerak dan fungsinya dalam kehidupan. Ini termasuk menyediakan jasa dalam keadaandimana gerak dan fungsinya mengalami gangguan contohnya penuaan luka-luka, pemyakit, atau factor lingkungan. Fungsi gerak adalah elemen pusat dalam kesehatan.

Fisioterapis mempunyai kaitan dalam mengidentifikasi dan memaksimalkan kualitas hidup dan potensial gerak dengan metode promosi, pencegahan, treatment/intervention, habilitation dan rehabilitasi. Ini meliputi fisik, psikologi, emosional, dan kesejahteraan social. Termasuk interaksi antara fisioterapis dengan pasien, para profesional kesehatan, keluarga-keluarga, para pemerhati, dan masyarakat dalam proses dimana potensial gerak dievaluasi dan secara objaktif disetujui, menggunakan pengetahuan dan keterampilan unik untuk terapi fisik. Terapi fisik atau proses fisioterapi dilakukan oleh fisioterapis atau asisten fisioterapi yang berada di bawah perintahnya.

Fisioterapis mempunyai banyak spesialisasi yang mencakup cardiopulmonary, geriatrik, mengenai ilmu penyakit syaraf, orthopaedic dan ilmu kesehatan anak-anak untuk menyebut sebagian dari area yang semakin umum. Fisioterapis menjalankan profesi dalam banyak bidang, seperti klinik rawat jalan atau kantor, fasilitas rehabilitasi orang yang dirawat di r.s., fasilitas perawatan yang diperluas, kunjungan ke rumah, pendidikan dan pusat penelitiann, sekolah, rumah perawatan, tempat kerja industri atau profesi yang berhubungan dengan lingkungan, pusat kebugaran dan fasilitas pelatihan olahraga.
Kualifikasi pendidikan sangat diintesifkan oleh Negara. Jenjang pendidikan bagi beberapa Negara hanya sedikit mendirikan pendidikan formal sedangkan yang lain mewajibkan program master dan doktoral.

Source:http://fisiocentre.blogspot.com/2009/04/fisioterapis.html

Untuk itu aku memutuskan untuk ikut mendaftar di Poltekkes [Politeknik Kesehatan ] Surakarta [walau kalau dipikir2 banyak pantangan dalam diri ku pribadi. Dimana Fisioterapis berarti nantinya akan bersentuhan dengan non mahram, karena tuntutan profesi]. Karena Poltekkes Surakarta berada di bawah naungan Departemen Kesehatan, yang artinya milik negara.

Untuk lebih jelas mengenai prasyarat dan macam jurusan yang ada di Poltekkes khususnya Poltekkes Surakarta lihat postingan ku ini. Untuk mengetahui model soal lihat yang ini.

Ah iya, nanti disana bila pendaftaran telah dibuka maka akan ada Calo penjual soal2 Poltekkes 5 tahun yang lalu. Memang benar, model soalnya biasanya hampir sama dengan soal2 yang terdahulu, bahkan ada yang sama persis. Tapi daripada beli, mending pinjam dari kakak tingkat atau tetangga atau siapapun yang pernah mengikuti ujian masuk di Poltekkes. Karena soal yang dijual di Poltekkes mahal banget ching.😎

Dan untuk lebih mantapnya silahkan kunjungi website resmi Poltekkes Surakarta mengenai kapan dibukanya pendaftaran. Bila di website tersebut belum di update, jangan khawatir. Berarti pendaftaran belum dibuka. Untuk lebih afdholnya pula kunjungi saja Poltekkes Surakarta yang terletak di JL. LETJEN SUTOYO, MOJOSONGO, SURAKARTA,

TLP: 0271-856929, FAX: 0271- 855388.

Dan ini adalah website resmi Jurusan Fisioterapi Poltekkes Surakarta.

Dan ini adalah website resmi Jurusan Okupasi terapi Poltekkes Surakarta.

Dan ini adalah website resmi Jurusan Keperawatan Poltekkes Surakarta.

Untuk Jurusan lain belum aku temukan website resminya, silahkan googling sendiri.:mrgreen:

SELAMAT BERJUANG.

—@@@—

Postingan sebelumnya,

  1. Aku dan USMI IPB yang lalu
  2. Ada Apa dengan UM-UGM ?

36 thoughts on “POLTEKES : Keinginan Menjadi Fisioterapis

  1. aq bner” minat msuk poltekkes… tp gmn y mbak, mgkin aq terpaut di tinggi bdn Q yg kurang dri 150 cm. Googling info dh mlai Q lakukan. hnya st kendala Q,,, tingggi badan.

  2. Semoga para pencari pendidikan ini, para peseta didik dan pendidik, serta para lulusannya dapat bersabar dalam menghadapi ujian, dan dapat menjadi baik dengan hidayah dari Allah.

  3. Pingback: Sekilas Mengenai PMDK UNS « JustAreeavicenna

  4. mba… kuliah di UNS jurusan apa?
    dulu pas tes fisioterapi susah ga soalnya?? aku g ada soal2 mengenai poltekkes c… hampir kayak spmb atau snmptn ga soalnya??

    jurusan Biologi.
    agak beda seh.. malah lebih mudah test poltekkes

  5. mba aku mau tanya
    aku udah lama bgt pgen jdi fisioterapis
    tp aku lg bimbang nih
    mau daftar d mana
    mnurut mba lebih baik daftar di mana??
    di perguruan tinggi umum layak.a jurusan lain ato mending d poltekes aja?
    mhon kasih solusi ya mba

    mmmm
    kalo bisa mba q mnta nmer hp.a tmen.a mba dong yg ikt fisioterapi krna q btuh byak informasi ttg ini

    waduh… saya bukan anak fisioterapi. dulu emang kepengen jadi fisioterapi, tapi gagal masuk. qodarulloh malah diterima snmptn,
    jadinya saya ga gitu paham soal fisioterapist…

  6. mbak q v3……sbenerx q pngentau mslah info2 tentang fisioterapi n juga pngen tau soal2 test pendftran poltekes ….mbk puxk num hp gag yng bs d hub…

  7. aku mau tanya mbak kalo fisioterapi thu di poltekkes nya apa uns ? trus kalo mw daftar thu pake tertulis ya bukan dari snmptn ..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s