Ada Apa dengan UM-UGM ?

Ini adalah postingan lanjutan menuju dunia kampus. Sebelumnya adalah

Aku dan USMI IPB yang lalu,

yaitu usaha ku meraih satu kursi di IPB tapi akhirnya aku tak mendapatkan kursi tersebut.

—@@@—

Ada Apa dengan UM-UGM ?

Sekali lagi sebenarnya jauh2 hari aku sudah bertekad tidak akan ikut yang namanya UM [alias ujian masuk PTN yang dilaksanakan mandiri oleh pihak Universitas] karena apa ?

Karena pada awalnya dalam tempurung kepalaku ini segala sesuatu yang berbau UM itu pastilah akan melakukan ”praktek kotor”. Nominal uang lebih diutamakan di sini. Tapi setelah mengikuti pengarahan oleh alumni dan bujuk rayu teman2 satu angkatan akhirnya pikiran itu aku buang jauh2, karena ternyata nominal uang bukanlah tolak ukur pertama seorang mahasiswa diterima di PTN tersebut, walau tak dipungkiri praktek melalui pintu belakang ini sampai sekarang masih marak terjadi.

Akhirnya aku pun mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta UM-UGM. [Awalnya untuk cadangan bila IPB meleset]. Sengaja aku pilih IPC karena aku ingin mencoba Psikologi dan aku amat tertarik di bidang psikologi. Pilihan pertama adalah Psikologi, pilihan kedua adalah Ilmu Gizi, sedang pilihan ketiga adalah Teknologi Pangan dan hasil pertanian. Walupun aku akhirnya tidak mendapatkan “kursi” di UGM

Untuk pemilihan jurusan sebaiknya kamu mengukur sendiri dari kemampuan mu. Bila kamu rasa kamu mampu di Kedokteran ambillah kedokteran. Tapi semua itu juga harus berdasar pertimbangan yang matang. Lihat nilai mu, lihat bakat dan minat mu, dan lihat passing grade dari tiap2 jurusan yang ada, dan jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi dengan pihak BK di sekolah kamu. Akan lebih baik jika kamu memiliki kenalan anak Ugm yang mengikuti seluk beluk cara masuk UGM dan bagaimanan syarat2nya. Ingat, segala sesuatu dilihat dari niatnya.

Ah iya, sedikit intermezzo yang aku alami ketika mengikuti UGM tahun lalu. Seperti yang sudah aku posting sebelumnya, beberapa kejadian unik menghiasi dua hari ku di Jogja.

Untuk peserta IPA biasanya akan lebih dahulu selesai, dibanding peserta IPS maupun IPC. Dan bagi peserta IPS, akan dimulai sedikit lebih terlambat dibanding peserta IPA. Sedangkan untuk peserta IPC akan dimuali berbarengan dengan peserta IPA dan akan selesai berbarengan dengan peserta IPS. So bagi yang ingin mendaftar IPC harus bener2 menyiapkan segala sesuatunya.

Sedikit tips untuk kawan2 yang akan mengikuti UM-UGM nantinya,

  • Bila kamu mengambil IPC, benar2 persiapkan diri. Istirahat yang cukup. Jangan nantinya seperti aku yang ketiduran ketika mengerjakan soal.
  • Bawa bekal, karena bagi IPC test akan dilakukan selama satu hari full. Dari pagi sampai sore. So, jangan buat dirimu kelaparan hanya karebna mengikuti UM-UGM.
  • Bawa mukena atau peralatan beribadah, ini adalah hal yang amat penting. Jangan karena kamu berada di tempat yang jauh dari rumah membuat kamu melalaikan kewajiban kamu untuk beribadah.

Ah, iya barusan aku berkunjung ke website resmi um-ugm, pendaftaran dibuka tanggal 21 Januari – 16 Maret 2010. Aku sarankan mending daftarnya bareng2 dengan teman lainnya. Lalu ketika pendaftaran online, janjian lah dengan teman2 mu. Karena nomor ujian yang diperoleh bisa dipastikan akan urut atau setidaknya berdekatan, so nantinya ketika kamu di UGM setidaknya ada teman yang berada dalam satu gedung dengan mu. Apalagi bagi para akhwat atau siswi putri. Biar lebih aman. [ini berdasar pengalaman tahun lalu].

Mengenai soal2 UM-UGM atau ujian semacamnya dapat kamu perolah di sini, atau kamu juga bisa googling sendiri. So nanti jangan terlalu tergiur dengan soal yang dijual mahal di area sekitar UGM. Kalao ada yang murah, kenapa cari yang mahal ???

SELAMAT BERJUANG dan SEMOGA SUKSES !!!


—@@@—

Postingan sebelumnya,

Aku dan USMI IPB yang lalu,

jangan kemana2.. pantengin terus blog ini…:mrgreen:

15 thoughts on “Ada Apa dengan UM-UGM ?

  1. Pingback: Aku dan USMI IPB yang Lalu « JustAreeavicenna

  2. Pingback: POLTEKES : Keinginan Menjadi Fisioterapis « JustAreeavicenna

  3. UM UGM itu lebih susah dari SPMB lho.:mrgreen: meskipun daya tampungnya sekitar 85% dari total calon mahasiswa baru, peluangnya juga sengit karena peserta ujian sangat banyak.

    praktik kotor tentu ada. seperti halnya di universitas lain.:mrgreen:

    • eh, ada yang ketinggalan. FYI, temen2 saya banyak yang nulis sumbangan berpuluh2 juta. tapi dari sekitar 100 orang peserta dari SMA saya, yang lulus tahun 2006 cuma 10 orang. itupun para penyumbang yang sangat sedikit dan bahkan ada yang nulis 0 rupiah dalam blanko besar sumbangan.:mrgreen:

      tips dari saya sih, jangan anggap enteng tes potensi akademik. trus pelajari materi sampe sedetail2nya karena soal2 fisika, biologi, dan kimia biasanya diambil dari materi2 yang nyempil2 di buku.. yang jarang diperhatiin siswa.:mrgreen:

  4. Pingback: Sekilas Mengenai PMDK UNS « JustAreeavicenna

  5. Bagi yang mau sukses menembus UMUGM dengan jurusan yang anda impikan. Sekaranglah saatnya mewujudkan impian anda dengan mengunjungi situs dibawah ini :

    http://iklanhouse.com/soal-umugm-2009/

    Semua seluk beluk tentang UMUGM dijelaskan secara detail dengan tips dan trik yang terbukti sukses meluluskan ribuan orang yang telah mencobanya!!!

  6. UMUGM tinggal sebentar lagi!!!!

    Bagi yang mau sukses menembus UMUGM dengan jurusan yang anda impikan.
    Sekaranglah saatnya mewujudkan impian anda dengan mengunjungi situs dibawah ini :

    link

    Semua seluk beluk tentang UMUGM dijelaskan secara detail dengan tips dan trik yang terbukti
    sukses meluluskan ribuan orang yang telah mencobanya!!!

    NB:Terima bonus spesial dari kami (reseller) berupa SIMULASI, PREDIKSI PTN DAN UAN TERLENGKAP 2010
    juga masih banyak lagi jika anda melakukan pembayaran melalui website di atas.

Leave a Reply

