Studi Lapang : Lembah Hijau Multifarm

Rabu (16/10) aku dan beberapa teman *ada enam orang* pergi berkunjung ke PT. Lembah Hijau Multifarm yang terletak di Desa Joho, Mojolaban, Sukoharjo. Pukul 11.00 WIB, kami berkumpul di depang Gd. B, Fakultas MIPA UNS untuk selanjutnya pergi bersama2 menuju TKP *biar ga tersesat:mrgreen: *.

Untuk menuju Lembah Hijau Multifarm (LHM), hanya butuh waktu tak kurang dari 15 menit. Lokasinya berada tepat di tengah sawah, dan sangat luas bila ditilik dari pemiliknya yang katanya hanya sendiri, yaitu bapak Ir. Soeharto yang juga merupakan dosen UNS untuk Fakultas pertanian.

Sampai di sana ternyata ada rombongan mahasiswa dari luar Surakarta yang berkunjung ke sana untuk mengetahui informasi mengenai Biodekomposer dan tentu saja produk2 yang dihasilkan oleh LHM. Tanpa di dampingi siapapun yang memiliki kompeten, dengan pedenya kami masuk bagian office.

Kami : Permisi, Bu. Kami dari UNS, Fakultas MIPA jurusan biologi mendapat tugas untuk observasi mengenai biodekomposer. Prosedurnya bagaimana ya bu ??

Ibu : Owh, buat janji dulu dek. Paling tidak satu minggu sebelum observasi.

DEG. Bagai kena tamparan halilintar, kami saling menatap. Bingung. Karena berdasar informasi yang kami dapat, kami bisa ke sana sewaktu2 dan kapan pun. Tetapi ternyata harus taken janji dulu. Wadoh… waoh….

Padahal hari Kamis kami harus presentasi.

Setelah mengutarakan segala sesuatunya *seperti alasan kunjungan kami yang tiba2 dan waktu persentasi yang hanya menghitung jam saja *, Alhamdulillah Ibu tersebut pada akhirnya bersedia melayani kami di jadwal kunjungan yang di padat pada LHM. *Terimaksih Bu Hesti*.

Dan kami beruntung karena Bu Hesti sendiri yang mengantar kami berkeliling LHM dan menjelaskan segala sesuatunya. Karena menurut hasil terawangan ku, Bu Hesti ini seperti sesepuhnya para Guide di LHM ini.

Guide ???

Yup, di LHM ada beberapa Guide nya. Karena lokasi ini menjadi lokasi wisata pertanian dan peternakan seperti itu. Dan pengunjungnya pun bukan semabrang pengunjung, bahkan Mantan Menteri Pertanian Bapak Anton juga pernah menyempatkan diri berkunjung ke LHM.

Memangnya di LHM ada apa saja ??

Kalo berdasar pengamatan ku, maka aku menyimpulkan bahwa LHM ini adalah suatu Objek Wisata pertanian *mirip2 MekarSAri yang ada di Jawa Barat*, tetapi selain itu di LHM ini juga merupakan tempat pengembangan pupuk organik terkhususnya bioaktivator yang produknya sudah di kenal oleh masyarakat banyak yaitu diantaranya STARBIO *dicampur dengan jerami alias di fermentasikan dengan Jerami, untuk selanjutnya sebagai pakan ternak yang berfungsi agar sang ternak mampu menyerap protein dalam kadar tinggi* dan stardec *merupakan pupuk organik yang terbuat dari buah2 an busuk yang dicampur dengan urea*.

Maka dari itu pengunjungnya tidak hanya anak2 TK dan ibunya saja, tapi juga para mahasiswa pertanian, peternakan maupun Biologi *seperti daku*.

Untuk masuk ke LHM, sebaiknya kita taken janji dulu satu minggu sebelum observasi. Dan di sana disediakan beberapa Paket, yang tiap paketnya memiliki keuntungannya masing2. semakin tinggi harga, paket yang diberikan semakin lebih baik.

Karena kami mahasiswa yang kerjaannya masih minta uang dari orangtu, alhasil kami mengambil paket paling murah. Rp 10.500,- *heheheheh :mrgreen*. Lumayan lah dapat es krim gratis. Dan es krim ini juga buatan LHM lhow. Jadi, dari peternakan sapi yang menjadi usaha mereka, air kencing dari sapi dijadikan sebagai pupuk cair, dagingnya untuk di konsumsi *yaiyalah, masak dipajang*, kotorannya untuk pupuk organik, dan air susunya dijadikan sebagi bahan dasar pembuatan es krim. Dan pendapatan dari hasil beternak ini tidak main2, Lebih dari Rp 10.000.000,00 per HARI nya. Wuih…

Wah, kami yang berkunjung ke sana menjai termotivasi untuk melakukan riset yang nantinya dari riset tersebut banyak manfaat yang bakal kami berikan kepada khalayak ramai. Amiin. SEMOGA BISA .

Ah iya, kunjungan kami akhiri pada pukul 13.00WIB dan kami pun mengambil beberapa gambar sebagai bukti dari kegiatan studi lapang kami. Dan tak ketinggalan, foto2 bersama para sapi.

Heheheheh….

20 thoughts on “Studi Lapang : Lembah Hijau Multifarm

  1. wow, ada y dek tempat seperti itu di sukoharjo..
    baru tahu..
    pingin ke sana..
    pic nya kok gak di tampilkan?

    *mumpung liburan*

  2. ^^ lucu nian dirimu ini ukh. Lugu bgt, mau observasi ga tau caranya. Ga dikasitau dosennya po kalau harus buat surat perijinan dulu?

    Yaudah, moga presentasinya sukses! doakan diriku juga hari selasa nanti showcast observasiku di TK!

      • Amiin. Senang hatiku ukh. Baru aja lihat anak2 TK se kabupaten Sragen lagi lomba mewarnai di Menara Pandang (plus nengok keponakan). Hmm, liat mereka jadi senyum2 sendiri. ^^

  3. Emang LHM keren banget.
    Sebagai nak Joho Lor, Q bangga beud.
    Setiap hari Q bisa kesana, N Suasanya bagus beud. Full facility, good scenery and have cold air. Unfortunatelly smell cow.
    Tapi Q tetep bangga sebagai warga Joho, punya aset yang bagus.

  4. betull
    deket rumah aq tu
    tpi sayang Q blom pnah ksana..
    jadi malu…>_<

    wah kapan2 boleh tuh maen ke LHM🙂

  5. mas mba mohon infonya Lokasi detail.(patokan2nya kalo bisa) LHM dimana kalo bisa tag di google mapnya.kami akan mengadakan kunjungan ke LHM.

  6. Halo mba areeavicenna ^^
    Mkasih bnyak infonya,wlopun telat bgt dri 2009 hehe
    Salam kenal saya Ayuni,dliat dr cover mba yg bnyak mikroba2nya spertinya kta mmpnyai ktertarikan yg sama nih
    Sya mhasiswa mikrobiologi pertanian UGM,salam kenal mba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s