Kok ada es di lautan ?

dikarenakan rasa penasaran sesuai menonton Surf Up (film animasi mengenai pinguin), aku yang notabene nya kurang tidak pintar dalam kimia mencari2 artikel mengenai adanya es di atas air laut. Bahasa gampangnya, “Kok es nya ga mencair ya ?? Padahal di atas air garem gituw.”

es-diatas-air

dan akhirnya aku pun dapat memecahkan misteri yang bergejolak di benakku **Lebay Turn :ON**. Melalui bantuan mbah Google , aku berhasil menaklukkan rasa Curiosity ku **maksud mu, Ri ?**.

Terimaksih untuk Chem-Is-Try.org . Berkat artikel yang dibuat oleh Zaenal Awaludin , dengan bahasa yang mudah dipahami tentunya **mengingat keterbatasan ku. Hihihi :p ** pertanyaan ku terjawab. Dan sedikit aku pahami. Terimakasih.

ini dia artikelnya,

Mungkin kita pernah mencoba menaruh bongkahan garam ke atas es. Dalam beberapa menit, es tersebut akan mencair sehingga tempat garam di letakkan akan terjadi lubang pada bongkahan es tersebut. Dari hal tersebut kita melihat bahwa kalau garam dapat mencairkan es. Tapi, bila kita melihat di televisi atau media lain, banyak bongkahan es terbentuk di lautan antartika padahal lautan tersebut mengandung kadar garam yang tinggi.

Garam memang dapat mencairkan es karena saat garam diletakkan di atas es maka akan terbentuk larutan garam di atasnya. Saat tebentuk larutan garam ini, maka terbentuklah sifat koligatif larutan dimana larutan akan mengalami penurunan titik beku akibat pengaruh interaksi molekul pelarut (air) dan terlarut (garam). Sehingga, suhu es yang berkisar 0 0C ini akan mencair.

Di lautan antartika suhu minimum di sana bisa mencapai -80 – -90 0C. Pada suhu tersebut sifat koligatif air pada air laut yang hanya mengadung 0.5 mol NaCl tidak dapat mencegah pembekuan air di lautan sehingga terbentuklah bongkahan es. Seperti diketahui bahwa setiap mol garam NaCl yang terkandung dalam air hanya akan menurunkan titik beku sebesar 1,86 0C dibawah nol. Jadi, dengan kondisi dingin yang ekstrim seperti itu, es tetap dapat terbentuk.

diunduh dari : http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/mengapa-es-dapat-terbentuk-di-lautan/


hfth... rasa penasaranku terjawab sudah.

-Case Closed-

hore


One thought on “Kok ada es di lautan ?

  1. wah…. berat euy bahasannya… mantap sajah lah….. terus cari tau tentang apapun yg membuatmu penasaran😆

    siapz !!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s