Kelulusan UAN SMA : Ditunda ??

Beberapa dari kami sudah mulai bernapas lega, tapi ternyata beberapa sekolah atau wilayah di Indonesia belum memeberikan pengumuman kelulusan UAN. Hmm, pastilah mereka yang belum mengetahui hasilnya masih harap2 cemas.

Di eks-karesidenan Surakarta saja, wilayah Klaten masih ada 4 sekolah yang menunda pengumuman kelulusan. Mengutip Solopos (14/06), hal ini disebabkan ada sejumlah hasil UN yang belum lengkap. *Nah lo!! Kok bisa ya??*

MAN Klaten, MA Popongan dan MA Al Muttaqin adalah sekolah yang mengalami penundaan UN. Dan satu lagi, SMK II Klaten nilai hasil UN belum keluar.

Masih mengutip harian Solopos (13/06), tingkat kelulusan di wilayah Klaten tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Hffh … tapi tetep aja, menurutku UAN adalah suatu yang tidak adil. Masak iya, standardisasi pendidikan SMA sederajat yang ada di Indonesia ini ditentukan dengan 6 hari ujian. Not fair.

Seperti yang dikatakan banyak orang, rasa-rasanya 1095 hari aku kita menuntut ilmu di bangku SMA dipertaruhkan hanya dalam waktu 6 hari saja untuk mendapat ijazah kelulusan. Lihat !! itu sama artinya 1 hari : 182 hari. Hal konyol macam apa ini ??

Semua itu hanya ada di Indonesia. Give applause !!! *ironic*

Sampai sekarang aku –sebagai pelajar- membutuhkan jawaban pintar dari para ”sesepuh” pendidikan kita. Alasan yang rasional mengenai keputusan ini.

Mengapa tidak melakukan standar sekolah terlebih dahulu ?? maksudnya, sekolah2 yang ada di Indonesia ini memiliki suatu standar khusus atau kualifikasi khusus. SEMUA sekolah yang ada. Memang memakan banyak waktu, tapi semua itu mungkin saja dilaksanakan secepat mungkin. Dan biaya pendidikan untuk sekolah2 yang ”bonafit” itu, janganlah terlalu mahal. Indonesia bukan negara kaya, jadi mustahil bila siswa/i dari kalangan menengah ke bawah mapau bersekolah semua. Bukankah hal tersebut lebih masuk akal.

Itu sih Cuma pendapat ku. Maaf2 saja kalau ternyata terdengar hanya fiktif belaka. Hanya doa dari seorang pelajar yang telah merasakan ”keganasan” pendidikan ala UAN yang ada.


Terkait :

3 thoughts on “Kelulusan UAN SMA : Ditunda ??

  1. dari beberapa postingan oleh para blogger dan yang koment belum ada yang setuju UN . memang sulit ya , kondisi seperti itu. beda dengan zaman kita ya.

    oke selamat siang , salam hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s