Kalo makan “gula” terlalu banyak ?

– Di mana ada gula di situ ada semut –

gula : manisnyagula : manisnya
Sebenarnya diriku sedikit pensaran mengenai zat satu ini. Hampir tiap hari kita mengonsumsi gula. Minum teh, kopi, dalam sayuran ada gula *khususnya masakan jawa*, dalam tubuh ada gula. Di mana-mana ada gula.

Sebenarnya selain memberi rasa manis ada nggak sih dampak ”buruk” dari pengonsumsian gula *yang berlebayan tentu saja*

Nah, kemari pas buka-buka buku di lemari kecil ku. Ku nemuain buku yang dah hampir setahun teronggok begitu saja berjejer di antar akoleksi buku bacaan ku lainnya.
ini cover bukunyaini cover bukunyaJudulnya :
Jangan ke Dokter Lagi!
Judulnya bener2 provokatif banget. Di susun oleh Tauhid Nur Azhar dan Bambang Trim. Dan diterbitksn oleh MQGress.

Buku ini berisi mengenai sistem kekebalan tubuh kita. Latar belakang ku beli buku ini adalah sebagi referensi kita aku dan teman2 satu kelompok dengan ku mendapat tugas presentasi mengenai sistem kekebalan tubuh. Alhasil, buku inilah rujuakan ku selain buku paket sekolah tentunya.

Ok. Kembali ke GULA.
Dalam buku ini pada halaman 123 *ciek duo tigo. Hhehe*, mengulas mengani makanan yang melemahkan tubuh atau sistem imun. Dan satu diantarnay adalah gula.
Berikut ulasannya.

Pengonsumsian gula sebanyak satu sendok teh akan merendahkan aktivitas sel-sel darah putih sebesar 43% selama enam jam *wew.. serem*. Pengaruh jelek gula akan bekerja kurang dari tiga puluh menit setelah anda merasakan manisnya.

Gula dan madu menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang tinggi yang akhirnya fungsi imun akan terganggu. Selain gula, kafein pun menyebabkan meningkatnya kandungan gula darah. Gula juga akan memekatkan lendir sinus dan paru serta melambatkan kerja sel-sel darah putih yang seharusnya melindungi tubuh kita.

Jika anda sering duduk ketika bekerja, bernaps dengan lambat, dan memakan banyak gula, camilan manis, serta memakan karbohidrat tinggi, tubuh anda akan menjadi saran yang baik pertumbuhan tumor. Gula juga dapat menyebabkan penyakit auto-imun.

Orang yang memakan daging dalam porsi yang cenderung banyak akan mengonsumsi gula dalam jumlah yang besar. Mengapa ? karena keduanya saling berkaitan. Memakan daging akan meningkatkan kadar protein dan lemak dalam tubuh sehingga tubuh pun akan terangsang untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula.

Untuk meyeimbangknnya, anda perlu memakan sayuran dan buah-buahan sebanyak 7 kali lipat *hahah… bakal langsung kenyang*dari jumlah daging yang dimakan. Biji-bijian juga bisa mengatasi ketidakseimbangan. Namun, karbohidrat dalam biji-bijian akan bertukar menjadi gula dalam beberapa jam.

Tubuh memerlukan dengan segera untuk menyeimbangkan. Karena itu, setelah memakan daging anda biasanya ingin memakan kue atau es krim sebagai pencuci mulut *benar gak ya?*. Apabila terlalu banyak memakan pencuci mulut, protein, kalsium, mineral, dan vitamin B di dalam tubuh akan hilang.

Hilangnya unsur-unsur tersebut menyebabkan munculnya keinginan untuk memakan daging lebih banyak lagi. Begitu juga sebaliknya. Memakan terlalu banyak daging menimbulkan keinginan untuk memakan makanan yang bergula.

Daging dan gula memiliki dampak yang sama atas sistem imun anda. Keduanya akan menimbulkan keadaan tubuh yang asam itu justru akan menguntungkan bagi bakteri dan virus karena akan lebih mudah untuk melakukan perkembangbiakan.

nah, sekarang gimana ?

masih mau makan gula banyak2 ?

ato pikir2 dulu ?

Semoga bermanfaat : )

3 thoughts on “Kalo makan “gula” terlalu banyak ?

  1. satu lagi. konsumsi terlalu banyak pada gula bagi anak kecil, akan meningkatkan tingginya ke-agresifan mereka. jadi hiperaktif dan becicilan trus.

    btw, aduh, gmn yah? saya jarang makan sayur nih… hehehh

  2. hehehe… yang pasti apapun makanannya, syukuri aja karena itu yang ada T.T…. kalo gak ada apa-apa yahh… terpaksa puasa deh ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s