Kepincut Kopi Aceh

Tulisan ini di buat karena inspired dengan iklan salah satu merk kopi yang bisa dikatakan sudah cukup terkenal. Kopi tersebut menawarkan satu lagi jenis kopi yaitu, kopi aceh.

Apa sih spesialnya kopi aceh?
Mungkin sebagian dari kawan-kawan belum begitu tahu keunggulan dari kopi Aceh. Berdasar dari seringnya minum berbagai macam bentuk kopi, dari kopi pahit, kopi susu, moccachino, sampai es kopi.

Ada perbedaan antara kopi aceh dengan kopi-kopi jenis lain. Kadang ketika membuat kopi, sering kita menjumpai butir-butir kopi tersebut tidak semuanya mengendap. Ada sebagian yang masih terapung di permukaaan air kopi tersebut walaupun sudah didiamkan beberapa menit. Nah, kalau kopi aceh, bubuk kopi memang tidak terlarut semua akan tetapi akan membentuk endapan di dasar gelas (red–ampas). Jadi, kalau minum kopi aceh nggak perlu khawatir gigi kita bakalan berubaha aksen yang awalnya putih kekuningan menjadi putih kekuningan dengan tutul berwarna hitam akibat bubuk kopi yang tidak terlarut sempurna yang menempel di gigi setelah kita meminumnya. ^^

Proses membuat kopi Aceh juga cukup unik. Sebelum kopi itu diseduh, berkali0kali kopi itu akan disaring. Jadi, biasanya di warung kopi yang menyediakan kopi Aceh, kawan-kawan akan mel;ihat proses pembuatan kopi Avceh yang disaring dengan penyaring yang memang sudah dirancang untuk menyaring butir-butir kopi agar tidak (sedikit) yang lolos masuk ke dalam gelas.
(kalian tahu maksudku kan?)

Selain itu, rasa dari kopi aceh sedikit ringan di lidah disbanding kopi jenis lain.

Berdasar pengalaman pribadi, setelah meminum kopi jenis lain, perut ku terasa sedikit melilit. Tetapi, kalau minum kopi aceh, bagiku tidak ada efek apapun.

Meminum kopi aceh akan terasa pas jika diseduh dengan roti bolu khas aceh atau pulut (red–makanan ringan dari beras ketan yang dibakar yang dibungkus daun pisang).
(jadi teringat masa kecil di Aceh…)

Oh, iya…
Biasanya orang-orang di Aceh, terutama kaum adam, pada sore hari akan duduk bersantai di warung kopi membicarakan banyak hal. Hal ini seolah-olah sudah mendarah daging.

Kalau kalian pernah minum kopi aceh, mungkin banyak hal yang dapat kalian deskripsikan. Selain hal-hal yang telah ku dskripsikan di atas.
^^

Written by
Ummu Hanif
01/12/2008

2 thoughts on “Kepincut Kopi Aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s