Biologi : Info Jurusan dan Mata Kuliah

credit : http://intraweb.utb.hoganas.se/images_library/files9/biologi.jpg
http://intraweb.utb.hoganas.se/images_library/files9/biologi.jpg

Januari 2010 nanti berganti menjadi semester genap. Bulan Juli 2010 sudah punya adek tingkat. Perjalanan waktu semakin terasa cepat saja.

Sudah cukup banyak adek2 dari SMA yang menanyakan mengenai dunia kuliah, padahal daku sendiri masih baru di sini. Masih mahasiswa tingkat pertama. Tapi dengan berbekal pengetahuan  semester ini, daku ingin sharing beberapa hal atau ilmu yang daku dapat di bangku kuliah khususnya jurusan Biologi MIPA.

Buat yang masih bertanya2 mengenai Biologi MIPA, ini neh mata kuliah buat biologi MIPA khususon di green campuss UNS.

Semester 1.

Mata Kuliah SKS
Pendidikan Agama

Lingkungan Non Biotik

Matematika Dasar

Kimia Dasar

Fisika Dasar

Biologi Umum

Pemrograman Komputer

Bahasa Inggris

2

2

3

3

3

3

3

2

Mari kita bahas satu per satu,

1. Pendidikan Agama

Untuk Matkul Agama, diselenggarakan dalam 1 pekan ada 100menit pertemuan tatap muka. Praktek untuk Matkul ini adalah kegiatan AAI [Asistensi Agama Islam] kind of mentoring yang diadakan sekali dalam satu pekan. Pengajar AAI adalah dari pihak mahasiswa.

2. Lingkungan Non Biotik

Dalam 1 pekan ada 100menit tatap muka. Yang diajarkan adalah segala sesuatu yang di lingkungan sekitar kita khususon untuk yang abiotik atau non biotik. Kalo direlasikan dengan pelajaran SMA, matkul ini sama dengan pelajaran Geografi.

3. Matematika Dasar

Ini adalah matkul di Biologi yang tidak ada prakteknya –selain Linobi [Lingkungan Non Biotik]-. Yang diajarkan tentu saja matematika. Bila dibandingkan dengan teman2 jurusan matematika, matkul matdas yang ada pada jurusan biologi benar2 matematika dasar. Contohnya saja, derifativ, integral, limit, fungsi.

4. Kimia Dasar

Berhubung sistem pembelajaran di UNS pada tahun ini adalah KBK. Maka pada matkul KimDas sang Dosen yaitu Bapak Pranoto memberikan kepada kami kesempatan untuk meng-explore kemampuan kami dalam hal berkompisi di dalam kelas. Kegiatan yang kami lakukan adalah presentasi dan study lapang.

Dalam satu pekan, terdapat 100menit tatap muka. Dan 150menit untuk praktikum di laboratorium.

Yang diajarkan nya pun mengulang materi SMA. Seperti, struktur atom, Redoks, Tata nama senyawa, senyawa Karbo dan hidrokarbon, larutan.

5. Fisika Dasar

Ah, fisDas. Ini hanya mengulang SMA. Jadi tenang saja. Pasti bisa melaui mata kuliah ini dengan aman. Dan lagi, fisdas hanya ada di semseter satu. Dan bukan menjadi mata kuliah pra syarat.

6. Biologi Umum

Namanya juga Mahasiswa Biologi. Setidaknya harus lebih mngerti dan memahami mengenai Biologi jua dunk. Karena mata kuliah Biologi umum ini menjadi prasyarat dari mata kuliah untuk semester selanjutnya. Jadinya harus diusahakan untuk tidakmengulang mata kuliah ini.

Yang di ajarkan juga masih meliputi pelajaran SMA. Seperti, dasar2 klasifikasi, ekosistem, sistem pada tubuh [pencernaan, ekskresi, dll], dasar2 genetika, evolusi, dsb. Tak perlu khawatir, tidak sedetail pada waktu kita berada di bangku SMA kok. Asal kamu tau prinsipnya, InsyaAlloh pasti bisa.

7. Pemrograman Komputer

Mungkin mata kuliah ini diberikan sebagai sarana bagi kami mahasiswa Biologi untuk refreshing. Menghilangkan kejenuhan dari segala aktivitas perkuliahan yang menguras tenaga. Karena terbukti, ketika mata kuliah ini diajarkan dalam kelas, teman2 malah asyik berselancar di dunia maya. Hheheheh…

Dalam 1 pekan ada 100menit tatap muka untuk teori dan praktek [masing2 50 menit].

8. Bahasa Inggris

Kalo mata kuliah ini, asal ketika dilaksanakan test EAP [English Academic Purposes] teman2 lulus, maka tidak perlu mengikuti mata kuliah ini. Dan bukan hanya itu, sebagai reward teman2 akan diberi sejumlah uang. Ini berlaku bagi mata kuliah bahasa inggris di UNS. Sedang untuk yang belum beruntung alias belum lulus, maka diadakan pelatihan sampai teman2 mendapat atau mencapai batas kelulusan minimal yaitu nilai 60.

Dan ini adalah hasil googling mengenai jurusan Biologi,

Biologi jurusan ini melakukan objek kajian pada pengembangan sumber daya hayati dan akhir-akhir ini dikembangkan perekayasaan biologi (bioteknologi). Ada 6 garis besar pembagian ilmu di jurusan biologi yaitu meliputi ekologi dan pencemaran lingkungan, genetika, mikrobiologi, biokimia, kultur jaringan, serta struktur dan morfologi tumbuhan dan hewan. Biologi merupakan landasan dari ilmu-ilmu terapan seperti kedokteran, pertanian, peternakan, perikananm kehutanan, dan farmasi, sehingga seorang biolog dapat berpartisipasi pada ilmu-ilmu tersebut.

Kemampuan Penunjang :

• Karena banyak kegiatan dilapangan dan di laboraturiaom, maka harus memiliki jiwa tekun, teliti, sabar, dan tidak buta warna.

Bidang Minat:

• Biomanajemen
• Biosains
• Bioteknologi
• Botani
• Ekologi dan Biologi lingkungan
• Genetika
• Mikrobiologi
• Taksonomi
• Zoology
Lapangan Kerja:

• Industry makanan dan minuman
• Industry farmakologi
• Peternakan
• Pertanian, kehutanan
• Peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes, etc.

PTN Sasaran :

Unsyiah, unimed, usu, unp, unand, unri, unsri, unib, unila, unj, ui, uin Jakarta, IPB, UPI, Unpad, ITB, untan, uin bandung. Uin kalijaga, unsoed, unnes, undip, uny, uns, ugm, unlam, unmul ,Unesa, ITS, unair, um, unibraw, unej, unud, unram, undana, unm, unhas, unhalu, unima, unsrat, unpati, uncen, unipa, uin malang, uin makasar.

(credit : http://dymas.wordpress.com/2009/05/03/daftar-jurusan-perguruan-tinggi-dan-sekilas-pandang-tentang-jurusan-jurusan-yang-ada-di-perguruan-tinggi-yang-nantinya-akan-kalian-pilih/ )

Biologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Biologi merupakan salah satu dari 3 natural sains yang diajarkan di sekolah-sekolah menengah (fisika, kimia, biologi). Sekarang ini, biologi berkembang sangat pesat dan keberadaannya mutlak diperlukan dalam perkembangan teknologi sejak berbagai penemuan seperti genetika, bioteknologi, mikrobiologi, dan obat-obatan herbal. Ditambah lagi isu-isu mengenai “pemanasan global” mulai menyentuh bidang ekologi dan konservasi alam. Kesimpulannya, bisa saya katakan lulusan-lulusan biologi akan sangat diperlukan di masa yang akan datang.

Keterangan:

Biologi berdiri dibawah naungan Fakultas MIPA atau di beberapa universitas berdiri di fakultasnya sendiri (Fakultas Biologi). Biologi di universitas memfokuskan kepada studi mengenai hewan dan tumbuhan sementara studi mengenai manusia lebih diarahkan pada kedokteran dan psikologi. Jurusan ini memiliki 2 peminatan diantaranya adalah peminatan ke hewan (zoologi) dan peminatan ke tumbuhan (botani). Jurusan ini mempelajari diantaranya adalah bioteknologi, botani, zoologi, histologi, evolusi, bahkan paleontologi.Lulusan dari jurusan biologi akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Prospek Kerja:

Di luar negeri, jurusan biologi adalah jurusan yang sangat populer dan memberikan prospek yang besar dan lulusannya bisa terjun ke banyak bidang. Di Indonesia sendiri lulusan biologi bisa masuk ke bidang penelitian (LIPI, Inhutani, Perhutani), bidang konservasi dan perlindungan alam, bidang pendidikan (dosen dan guru), juga bidang industri seperti industri makanan fermentasi, industri perkebunan, industri pertanian dan kehutanan.

Modal Utama:

Memiliki rasa senang dengan makhluk hidup (hewan dan tumbuhan), juga senang dengan kegiatan outdoor karena banyak meneliti mengenai perkembangan hewan dan perkembangan tumbuhan. Disamping itu, juga banyak kegiatan laboratorium yang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi karena sebagian besar kegiatan laboratorium menggunakan mikroskop. Banyak istilah-istilah penting yang digunakan sehingga daya ingat yang baik juga penting di jurusan ini.

(credit : http://joevaryanwords.wordpress.com/tag/biologi/ )

Nah itu sedikit gambaran mengenai apa2 saja yang akan teman jumpai pada Jurusan Biologi MIPA atau Biologi Murni. Karena daku masih tingkat pertama, maka yang diposting pun baru yang semster satu. Tapi jangan jadikan hal ini menjadi penghalang teman2 untuk masuk di jurusan yang mencintai alam ini.

Semoga bermanfaat.

About these ads

9 thoughts on “Biologi : Info Jurusan dan Mata Kuliah”

  1. Assalamu’alaikum mba,
    maw tanya,saya maru ’10,kira2 dlu bku bwat penunjang makul Ling.non biotik bsa didpat dmna aj ya mba?
    mksh_


    ______________ wa’alaykumsalam wa rohmatulloh wa barakatuh
    dosenny pak edwi ya ? coba cari di prpus pusat. “KESEHATAN LINGKUNGAN”

  2. terima kasih atas informasinya yang sangaaaaat sekali membantu ^^
    ini lagi nyari materi referensi sebanyak banyaknya tentang jurusan biologi :)
    kayaknya jurusan biologi seru ya?
    tapi rada ngeri juga, ternyata masih belajar matematika sama kimia di sem. pertama, hiks hiks :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s